Sunday, February 5, 2017

Tanaman Hias Berdaun Merah

Bagi Anda yang memiliki hobi mengoleksi tanaman hias, khususnya tanaman hias yang memiliki dan menonjolkan keindahan pada daunnya, mungkin Anda dapat menambah koleksi dengan varian baru yaitu tanaman hias berdaun merah. Dengan tampilan warna merah yang cantik tentu akan tampak lebih menarik dan dapat menambah suasana menjadi lebih segar, indah, dan memancarkan energi positif. Berikut ini ialah jenis-jenis tanaman hias berdaun merah yang mungkin dapat menjadi referensi untuk menambah koleksi taman rumah Anda.

Bagi Anda yang memiliki hobi mengoleksi tanaman hias, khususnya tanaman hias yang memiliki dan menonjolkan keindahan pada daunnya, mungkin Anda dapat menambah koleksi dengan varian baru yaitu tanaman hias berdaun merah. Dengan tampilan warna merah yang cantik tentu akan tampak lebih menarik dan dapat menambah suasana menjadi lebih segar, indah, dan memancarkan energi positif. Berikut ini ialah jenis-jenis tanaman hias berdaun merah yang mungkin dapat menjadi referensi untuk menambah koleksi taman rumah Anda.

1. Keladi Red Star (Red Flash Caladiums)
Keladi jenis ini merupakan salah satu jenis keladi yang cukup diminati oleh pencinta tanaman hias, karena seperti yang kita ketahui tanaman keladi itu sendiri mempunyai ciri khas yang unik yaitu daun lebar berbentuk hati/jantung. Daun keladi mengandung lapisan lilin yang membuatnya tampak mengkilat, dan pada jenis red star ini dapat kita lihat dengan jelas ada tambahan aksen bintang yang muncul dari warna merah yang dominan tumbuh di tengah sekitar jari-jari daun.


Dan pada jenis keladi red star dengan warna terang merahnya, maka daun keladi pun tampak lebih mengkilap dan mencolok dari keladi pada umumnya. Walaupun ukuran keladi biasanya hanya mencapai tinggi 1 m, keladi red star tentunya akan dapat lebih menarik perhatian ketimbang tanaman di sekitarnya dengan keunikan dan keindahan warnanya tersebut. Ya, warnanya seperti beras merah yang tumpah, tidaklah heran jika di Jawa tanaman ini bernama beras wutah yang artinya beras tumpah.

2. Sri Rejeki (Aglaonema)
Tanaman hias ini merupakan tanaman jenis talas-talasan atau araceae yang memang menjadi tanaman endemik hutan hujan Asia Tenggara, sehingga kita akan sangat mudah menemukannya di Indonesia. Tanaman ini sangat mudah dipelihara dan dibudidayakan karena ketahanannya dengan udara lembab dan tetap bisa berkembang biak secara normal meski hanya dengan pasokan sinar matahari yang minimum.


Sri rejeki kini memiliki banyak varietas warna dari buah hasil tangan kreatif Greg Hambali yang berhasil menyilangkan tanaman aglaomena ini, dan kini dapat kita temukan banyak variannya dengan mudah di pasaran. Sama seperti keladi, daun asli aglaonema memang sudah memiliki tampilan mengkilap dan dengan warna merahnya maka tampilan bunga ini akan lebih menarik dan indah dari sri rejeki berdaun hijau biasa.

3. Puring (Codiaeum Variegantum)
Tanaman puring merupakan tanaman yang banyak tersebar di daerah tropis khususnya yang dilalui garis khatulistiwa, karena tanaman ini memerlukan intensitas sinar matahari yang tinggi untuk menunjang pertumbuhannya. Keunikan puring itu sendiri ialah keberagaman bentuk daunnya mulai dari berdaun kecil, memanjang, melingkar, melengkung, bulat lebar, berjari, maupun spiral.


Sebenarnya puring mempunyai banyak varietas warna, dan puring merah adalah salah satunya. Selain keunikan bentuk yang dimiliki, puring dengan warna merah terangnya tentu dapat menjadi penghias alami dengan nilai estetik yang lebih tinggi dari tanaman hias biasa. Dan kelebihan lain yang dimiliki oleh puring ialah sangat mudahnya ditanam di media tanah apa pun asalkan terkena sinar matahari yang cukup, serta sangat kebal terhadap penyakit-penyakit yang biasanya sering menjangkit tanaman hias.

4. Miana (Coleus Hybridus)
Miana sangat cocok dijadikan sebagai tanaman pagar karena bentuk fisiknya yang seperti tanaman perdu, berdaun rimbun dan pertumbuhannya dapat menyebar sangat cepat jika media tumbuhnya merupakan tanah lembab yang cenderung basah. Memiliki tekstur batang basah atau mengandung banyak air, dan memiliki banyak varietas warna seperti ungu, hijau dan merah yang biasanya berdaun segitiga atau bulat. Selain dijadikan tanaman hias, tak jarang orang-orang juga memanfaatkannya sebagai obat-obatan herbal yang dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit salah satunya seperti batuk.


Dan kelebihan lain yang dimiliki miana ialah dapat menghasilkan wangi yang khas dikarenakan minyak atsiri yang terkandung di dalam seluruh bagian tanaman ini, serta menghasilkan bunga indah bergerigi yang biasanya berwarna merah atau keungu-unguan.

Tinggi tanaman yang satu ini sama seperti keladi, yang biasanya hanya mencapai ketinggian 1 m, sehinga sangat cocok untuk ditanam di kebun atau pekarangan Anda sebagai pagar pembatas yang cantik dan dapat menarik perhatian orang-orang disekitar Anda, dengan keindahan warna merahnya yang bermotif khas.

Demikianlah beberapa tanaman hias berdaun merah yang dapat menjadi inspirasi untuk menambah dan mempercantik taman di rumah Anda. Semuanya dapat ditemukan dengan mudah di seluruh wilayah Indonesia, dan sangat cocok dengan kondisi tanah dan iklim tropis di Negara kita ini. Jadi, bagi pecinta tanaman hias tak usah ragu lagi mempertimbangkan untuk menambah koleksi dengan tanaman berdaun merah seperti di atas.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tanaman Hias Berdaun Merah
4/ 5
Oleh