Thursday, February 16, 2017

Jenis Tanaman Buah Langka

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa tanaman langka merupakan tanaman yang jumlahnya tidak begitu banyak dalam pembudidayaannya. Suatu tanaman dikatakan langka disebabkan karena beberapa faktor. Faktor yang menyebabkan tanaman menjadi langka, yaitu karena perkembangannya yang lama atau karena jenisnya yang semakin sedikit dan juga beberapa faktor lain.

Duku Tanpa Biji
Buah Katulampa
Mangga Garifta Merah
Ada beberapa yang dapat membuat tanaman langka menjadi sangat menarik, contoh tanaman langka Rafflesia arnoldi yang menarik dari tanaman ini adalah bunganya yang berbentuk raksasa. Tanaman langka lain yang membuat orang tertarik untuk membudidayakannya adalah tanaman dengan buah langka.

Berikut tanaman buah langka yang banyak dibudidayakan di Indonesia :
  1. Tanaman buah enau atau aren, Tanaman buah aren atau dengan nama ilmiah Arenga pinnata merupakan suku palma dengan berbagai macam manfaat. Tanaman aren dapat tumbuh subur hingga mencapai tinggi 25 meter dengan diameter 65 cm. Pada pohon bagian atas tanaman ini diselimuti serabut hitam berupa ijuk. Pohon enau sangat populer sebagai penghasil nira yang digunakan sebgai bahan baku pembuatan gula.
  2. Katulampa, Tanaman ini termasuk kedalam tanaman dengan buah yang langka. Pohon tanaman ini dapat tumbuh tinggi hingga 30 meter dengan diameter hingga 1,6 meter. Buah dari tanaman ini merupakan buah tipe batu dengan panjang 3 cm. Ketika buah ini matang kulitnya akan berwarna jingga.
  3. Nangka tanpa kulit, Tanaman buah langka ini baru-baru ditemukan di Indonesia.
  4. Duku tanpa biji, Tanaman buah duku varietas tanpa biji (seedless) termasuk tanaman buah langka. Tanaman ini dapat tumbuh di Indonesia. Tanaman ini cocok bagi mereka yang tidak menyukai duku karena tidak ingin bijinya tergigit, karena biji dari buah duku rasanya begitu pahit.
  5. Mangga garifta merah, Jenis buah mangga ini memiliki ranting pohon yang berwarna merah pula. Di Indonesia terdapat 4 jenis mangga garifta, yaitu mangga garifta merah, garifta kuning, garifta oren, dan garifta gading.
  6. Beach cherry, Tanaman buah langka ini memiliki batang yang kecil sehingga tanaman ini dapat ditanam pada pot, polybag atau wadah lainnya.
  7. Sirsak jumbo, Tanaman sirsak jumbo merupakan tanaman buah langka yang berasal dari Australia namun kini di Indonesia sudah mulai dibudidayakan.
  8. Mangga kelapa, Tanaman mangga kelapa merupakan mangga yang mampu menghasilkan buah dengan bobot mencapai 800 gram sampai dengan 2 kg (rata-rata 1 kg lebih). Tanaman buah ini digolongkan kedalam tanaman buah langka. Buah mangga ini mirip dengan pohon kelapa gading dan warnanya pun hijau seperti buah kelapa, sehingga mangga ini dinamakan mangga kelapa. Daging buah mangga ini tebal dan tidak berserat serta teksturnya lunak, memiliki biji yang kecil, buah mangga ini mengandung banyak air. Namun rasanya buah ini sama seperti dengan buah mangga kebanyakan.
  9. Sawo jumbo
  10. Nangka merah, Budidaya tanaman buah nangka merah ini jumlahnya masih relatif sedikit di Indonesia, sehingga peluang bisnis budidaya tanaman buah ini sangat besar. Yang membedakan tanaman buah nangka ini dengan tanaman buah nangka kebanyakan, yaitu dari warna buah nangka itu sendiri. Bila kebanyakan buah nangka berwarna kuning, tanaman ini memiliki warna buah berwarna merah. Namun rasa dari buah nangka ini tidak jauh berbeda degan buah nangka kuning pada umumnya.

Tanaman buah langka yang disebutkan diatas merupakan sebagian kecil yang dibudidayakan di Indonesia, namun masih banyak lagi variasi tanaman buah langka yang belum disebutkan pada artikel ini.

Bagikan

Jangan lewatkan

Jenis Tanaman Buah Langka
4/ 5
Oleh