Thursday, February 16, 2017

Tanaman Herbal Dan Khasiatnya

Semua orang tentu menginginkan tubuh dalam keadaan selalu sehat dan bugar. Cara alternatif ntuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh tidak selalu harus menggunakan obat-obatan berzat kimia. Tanaman herbal dapat menjadi alternatif pengganti obat-obatan zat kimia, selain efek sampingnya yang nyaris tidak ada tanaman herbal dapat diperoleh dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Tanaman herbal dapat ditemukan ditoko obat-obatan herbal atau dapat pula dibudidayakan sendiri. Membudidayakan tanaman herbal atau membuat taman obat di halaman sendiri tentu akan lebih menghemat uang tentunya. Adapun berikut tanaman herbal dan khasiat yang paling umum untuk dibudidayakan :

Seledri

Tanaman seledri selain digunakan sebagai tanaman obat herbal tetapi tanaman seledri juga digunakan sebagai tanaman untuk bumbu dapur. Seledri memiliki nama ilmiah Apium graveolens. Khasiat bagi tubuh yang terkandung pada tanaman seledri, yaitu sebagai:
  • Pencegah risiko penyekit darah tinggi
  • Anti rematik
  • Pembangkit nafsu makan, dan
  • Mengandung minyak atsiri.


Kandungan yang dimiliki oleh daun seledri bagi kesehatan misalnya yaitu kandungan kalsium dan fosfornya yang tinggi maka dari itu seledri dapat dijadikan obat herbal bagi mereka yang menderita penyakit asam urat. Selain itu daun seledri kaya akan vitamin, vitamin yang terdapat pada daun seledri, yaitu vitamin A, B1, B2, B6, dan C. Tanaman seledripun mengandung potasium, folat, magnesium, besi, natrium, serta asam amino. Dengan mengonsumsi seledri maka akan mengurangi penyakit yang berhubungan dengan ginjal.

Belimbing Wuluh

Tanaman belimbing wuluh juga selain sebgai tanaman obat tanaman ini juga umum digunakan sebagai tanaman yang digunakan sebgai bumbu memasak. Nama ilmiah dari tanaman ini adalah Averrhoa bilimbi. Khasiat yang terkandung dalam tanaman ini bagi kesehatan yaitu untuk mengobati berbagai macam penyakit.


Tanaman belimbing wuluh ini biasa digunakan untuk mereka yang menderita penyakit batuk, diabetes, sakit gigi, jerawat (cara menghilangkan bekas jerawat), panu, hipertensi, dan sariawan. Tanaman belimbing wuluh ini mengandung vitamin C yang tinggi. Karena itu, buahnya sangat baik bagi mereka yang mengalami sariawan dan masalah gusi. Kandungan lain pada belimbing wuluh adalah glukosid, tannin, asam folat, peroksida, kalsium, sulfur, dan kalium sulfat.

Lidah Buaya

Nama ilmiah dari tanaman lidah buaya adalah Aloe vera. Khasiat yang terkandung dalam tanaman ini bagi kesehatan pada umumnya digunakan sebagai perawatan kulit dan kecantikan. Selain itu lidah buaya juga dapat digunakan sebagai obat kanker, mengatasi penyakit diabetes, mengontrol tekanan darah, dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi mereka yang menderita penyakit AIDS dan kanker. Kandungan zat yang terdapat pada lidah buaya, yaitu asam amino, enzim, mineral, vitamin, dan polisakarida. Pada lidah buaya semua jenis vitamin tersedia terkecuali vitamin D. (Baca : Manfaat Lidah Buaya Lainnya)


Temu Lawak

Temu lawak, Nama ilmiah dari tanaman temu lawak ini adalah Curcuma xanthorrhiza. Temu lawak memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh. Temu lawak juga dapat digunakan sebagai perawatan kecantikan. Temu lawak berkhasiat bagi obat jerawat, mengatasi masalah pencernaan, masalah peradangan, limfa, ginjal, dan lain sebagainya. Zat yang terkandung pada temu lawak adalah turmerol, felladrean, glukosida, kurkunim. Kandungan zat tersebut sangat bermanfaat untuk mengatasi peradangan, penyakit pada ginjal, serta dapat sebagai anti racun.


Tanaman herbal yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh yang disebutkan beberapa sebelumnya hanya baru sebagian kecil, rempah-rempah Indonesia memiliki banyak khasiat yang dapat ditanam dihalaman rumah sebagai taman obat tentulah sangat banyak dan bervariasi.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tanaman Herbal Dan Khasiatnya
4/ 5
Oleh