Sunday, February 5, 2017

Bunga Merambat di Tanah

Bunga merambat, merupakan jenis tumbuhan yang memerlukan tumbuhan lain sebagai penyangganya untuk mendapatkan sinar matahari. Kita semua tahu tanaman akan tumbuh ke arah matahari yaitu ke atas, oleh karena itu bunga merambat posisi tumbuhnya menyamping, menyebar secara horizontal di tanah, maka tanaman ini sangat membutuhkan penyangga yang dapat membantunya tumbuh dengan posisi vertikal.

Hal tersebut juga dikarenakan bunga atau tanaman ini biasanya hidup di dasar hutan rimbun sehingga kurang terkena cahaya matahari, sehingga timbul adaptasi seperti berkembangnya sulur, duri, dan akar udara yang dapat membantunya hidup menempel pada penyangganya yang berstruktur tinggi dan kuat.

Dan apabila tanaman tidak mendapatkan penyangga atau penopang, maka tanaman ini akan tetap hidup dan berkembang dengan merambat di tanah. Jadi, selain bisa dijadikan tanaman hias yang merambat di tanah juga bisa dijadikan penghias dinding, pagar, maupun atap. Dibawah ini ada beberapa tanaman merambat berbunga yang mungkin belum Anda ketahui, selamat membaca.

1. Jalaran Api



Dengan bunga rimbun berwarna jingganya, sama seperti namanya jalaran api (aliran api) tentunya akan dapat menambah suasana lingkungan sekitarnya menjadi lebih ceria dan bersemangat. Pertumbuhannya sangat cepat, sehingga tanaman ini bisa menjadi sangat rimbun, apalagi bila sedang musim berbunga.

2. Coral Vine (Air Mata Pengantin)




Bunga air mata pengantin berasal dari dataran Meksiko, mempunyai bunga rimbun berwarna merah muda, sangat cocok untuk dijadikan hiasan di pekarangan rumah untuk menambah suasana lembut dan romantis.

3. Mandevilla




Mandevilla mempunyai varian warna bunga dari kuning, putih, merah muda, dan merah. Tanaman merambat yang satu ini tahan panas dan mempunyai kelopak bunga lebar yang indah. Tanaman ini berasal dari daerah bagian Amerika, seperti Meksiko, Amerika Selatan bahkan Brazil.

4. Morning Glory




Bunga Mornig Glory biasanya akan mekar di pagi hari sama seperti namanya. Bunga ini di China biasanya digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Morning glory mempunyai banyak varian warna mulai dari putih, merah muda, biru, dan ungu.


5. Rumput Kacang-kacangan




Tanaman ini merupakan jenis rumput hias yang bisa kita temukan dengan mudah di pasaran penjual tanaman hias. Biasanya dijual dengan kisaran harga belasan rupiah persatu meternya. Kacang-kacangan juga mempunyai bunga berwarna kuning dengan batang lunak panjang yang menopangnya. Tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan penghias tanah pekarangan.

6. Bunga Lipstik




Seperti namanya, bunga lipstik merupakan tanaman merambat yang memiliki bunga berwarna merah dan berbentuk lipstik sama seperti namanya. Warna merahnya yang mencolok pasti akan membuat suasana lebih bersemangat dan menarik perhatian orang-orang disekitarnya.

Tanaman-tanaman merambat di atas merupakan beberapa contoh yang berasal dari berbagai wilayah dari seluruh dunia. Masih banyak lagi tanaman merambat berbunga lain yang tersebar di dunia maupun di Indonesia. 

Mungkin dari beberapa contoh di atas ada yang menarik dan menjadi referensi untuk tanaman hias Anda di rumah. Selain untuk menambah suasana menjadi lebih natural dengan rimbun daunnya, tanaman merambat juga dapat menjadi penghias dengan keindahan bunga-bunganya.

Tanaman ini juga tidak rewel perawatnnya, dan dapat disesuaikan dengan media yang di inginkan baik secara vertical, horizontal, maupun menggantung dalam pot. Semoga artikel ini bermanfaat, terus ikuti blog kami, akan ada berbagai informasi menarik lainnya seputar tanaman hias, sayuran, dll.

Bagikan

Jangan lewatkan

Bunga Merambat di Tanah
4/ 5
Oleh