Monday, February 6, 2017

Jual Bibit Unggul Tanaman Buah

Tanaman buah merupakan komoditi pertanian yang selalu dinanti di musim panennya. Buah memiliki banyak peminat dari segala kalangan dan segala umur. Dan di zaman modern ini semua orang sudah mulai sadar pentingnya megkonsumsi buah bagi kesehatan, untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan serat pada tubuh. Di Indonesia sendiri terdapat banyak varian tanaman buah baik yang endemik maupun yang berasal dari luar negeri.

Untuk tanaman buah, pada umumnya pembibitannya kita mengenal cara tanam dengan cangkok dan dengan biji buah dll. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Bagi pecinta tanaman buah yang sedang ingin bercocok tanam, Anda bisa dengan mudah mendapatkan bibit unggul tanaman buah di sini

Di bawah ini kami akan menjelaskan bagaimana membuat bibit tanaman buah kita tumbuh dengan baik dan sehat.


Tanaman yang baik berasal dari bibit yang baik pula. Namun, kita juga harus memberikan perawatan yang benar dan maksimal. Selain agar bibit tanaman tumbuh dengan sehat, juga agar cepat berbuah.

Langkah-langkah perawatan yang benar ialah:
- Menyiapkan lubang tanam dengan ukuran panjang x lebar x kedalaman yang benar, misalnya untuk bibit berukuran 0,5 m lubang yang dibutuhkan ialah 50cm x 50cm x 50cm agar akar tanaman dapat tempat yang cukup untuk awal pertumbuhannya. Serta periksa kadar pH-nya dengan alat khusus yang bisa dibeli di apotek maupun toko pertanian. Jika pH terlalu asam kita bisa mensiasatinya dengan memberi zat kapur, dan jika telalu basa kita mensiasatinya dengan pemberian belerang.

- Pastikan lubang tanam sudah bersih dari sampah maupun bebatuan, dan beri pupuk fosfat. Untuk ukuran bibit 0,5 m yang diperlukan ialah sebanyak 150 gram.

- Untuk penutup lubang tanam, gunakan tanah subur yang digemburkan atau tanah yang telah dicampur dengan pupuk baik kompos maupun kotoran ternak.

- Gunakan air yang baik untuk menyiram bibit tanaman buah. Air yang baik ialah air yang tidak tercampur oleh zat lain, contohnya air ledeng biasanya telah tercampur oleh zat kaporit. Jadi, ada baiknya kita menggunakan air sumur yang tentunya lebih terjamin bebas dari limbah dan zat-zat asing. Lakukan penyiraman dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari.

- Agar tanaman tidak terganggu oleh aktivitas sekitar tempat tanamnya, ada baiknya kita beri pembatas atau pagar, sehingga tidak terinjak dan bisa kita kenali dengan mudah.

- Melakukan tambahan pemupukan selain kotoran atau kompos, seperti pupuk NPK dll. Berikan setiap 4 bulan sekali sampai bibit berusia 2 tahun. Dan setelah tahun ketiga, beri pupuk dengan takaran lebih 100 gram terus menerus sesuai pertambahan umurnya. Beri pupuk di kedalaman lubang 10 cm.

- Lakukan pemangkasan untuk merangsang tumbuhnya bunga dan membasmi atau mengurangi hama.

- Beri pestisida kimia maupun alami utuk mencegah hama dan penyakit menjangkiti bibit buah.

- Siangi tanah sekitar tempat menanam bibit buah agar tidak ada gulma yang merebut nutrisi untuk bibit buah.

Lakukan perawatan-perawatan di atas dengan rutin sampai tiba masa panen. Walaupun merawat tanaman buah memerlukan dan menghabiskan waktu yag lebih, semua itu akan terbayar ketika melihat hasil panen buah yang memuaskan. Karena usaha tidak pernah menghianati hasil bukan?

Demikianlah penjelasan singkat tentang perawatan bibit tanaman buah, semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi pecinta tanaman buah. Terus hijaukan lingkungan sekitar kita dan hasilkan buah-buahan yang sehat berkualitas.

Bagikan

Jangan lewatkan

Jual Bibit Unggul Tanaman Buah
4/ 5
Oleh