Monday, February 6, 2017

Cara Menanam Sayuran Dalam Pot

Sayuran, selain dapat ditanam di media tanah atau kebun yang luas, dapat juga ditanam di dalam pot. Cara ini sangat efektif bagi pembaca yang ingin menanam sendiri sayuran di rumahnya, namun tidak memiliki cukup lahan atau pekarangan yang luas. Karena dengan penanaman dalam pot akan lebih sedikit tempat yang diperlukan dan ukuran pot biasanya tidak terlalu besar sehingga dapat kita tata seefisien mungkin.


Pada artikel kali ini kita akan membahas cara menanam sayuran dalam pot beserta keuntungan dan kelebihannya. Sebelum kita mulai menanam, terlebih dahulu kita persiapkan bahan dan peralatannya sebagai berikut :

- Media tanam
Media tanam biasanya berupa campuran tanah dengan pupuk kandang atau kompos. Bisa juga diganti sesuai keinginan misalnya dengan sabut kelapa, serbuk kayu, dll.

- Pot
Tempat menampung media tanam atau pot minimal diameter 20 cm atau 30 cm agar tidak terlalu sempit yang dapat menghambat pertumbuhan sayuran.

- Biji atau benih sayuran yang akan ditanam.
Setelah semua persiapan telah tersedia, maka tahap selanjutnya ialah penyemaian bibit. Penyemaian bibit dimaksudkan agar kita bisa memilih sayuran muda yang baik saja untuk dipindahkan ke pot nantinya. Namun, penyemaian bukanlah hal yang wajib dilakukan, jadi kita bisa saja melewatinya atau langsung menanamnya ke dalam pot.

Penyemaian & Penanaman Sayuran Dalam Pot :

  • Siapkan tanah tempat penyemaian tidak usah terlalu luas, atau bisa juga dalam pot berukuran sedang yang telah diisi dengan media tanah berpupuk.
  • Siram media peyemaian sehari sebelum benih disemai.
  • Semai benih-benih sayuran, tutupi dengan tanah tipis-tipis saja.
  • Pindah sayuran yang sudah mulai tumbuh ketika berumur sekitar 3 minggu ke dalam pot tersendiri.
  • Beri perawatan rutin sampai siap dipanen


Sama halnya dengan penanaman di kebun atau lahan yang luas, sayuran dalam pot juga memerlukan perawatan rutin agar dapat tumbuh dengan baik seperti yang diharapkan. Berikut ialah perawatan yang harus dilakukan untuk sayuran dalam pot :

- Siram tanaman hanya bila dirasa tanah dalam pot mulai mengering.
Apabila masih terlihat basah, ada baiknya jangan disiram untuk menghindari kelebihan air dan membusuknya akar sayuran. Atau bisa juga dilakukan penyiraman 1 kali sehari di pagi maupun sore hari untuk rutinnya.

- Periksa kondisi sayuran dalam pot setiap hari.
Pastikan tidak ada hama dan penyakit yang menjangkiti sayuran. Dan apabila didapati berpenyakit atau terkena hama, maka segera tangani atau bahkan cabut dan buang sayuran agar tidak menular ke sayuran lain yang masih sehat.

- Tambah pupuk apabila dirasa kurang.
Dapat dilihat dari sayuran yang tidak berkembang atau kurang subur, maka ada baiknya diberi pupuk tambahan.

Cara menanam sayuran dalam pot sudah kita ketahui, bahkan dengan cara perawatannya juga. Sebelum kita mencoba, ada baiknya kita menambah informasi tentang kelebihan dari penanaman sayur dalam pot.


Kelebihan menanam sayur dalam pot:

- Tidak memerlukan lahan yang luas.
Jadi, apabila hanya memiliki lahan yang sempit, kita masih bisa mencoba untuk bercocok tanam sayuran dan bisa menatanya sesuai keinginan dengan sangat mudah disusun dalam rak misalnya, bila menanam sayuran dalam pot.

- Lebih hemat keperluan pupuknya.
Dengan media tanam yang sempit, maka pupuk pun dapat diberikan hanya seperlu tanaman yang ada dalam pot, sehingga takaran dan ukurannya tepat, sesuai dan tidak akan boros atau berlebihan seperti bila kita menanam di lahan yang luas.

- Tidak mudah tertular penyakit.
Terlebih untuk penyakit yang menular melalui akar, tidak akan terjadi bagi sayuran yang di tanam dalam pot. Karena sayuran dalam pot memiliki ruang akarnya masing-masing berbeda antar potnya, sehingga sayuran yang akarnya terjangkit penyakit tidak akan bisa menularkannya pada sayuran lain.

- Mudah dalam pemeliharaan.
Karena setiap sayuran ditanam dalam wadah tersendiri, maka perawatan bisa dilakukan dengan lebih intensif di tiap sayurannya.

- Bisa dijadikan ladang usaha.
Selain dapat dimanfaatkan sendiri untuk kebutuhan sehari-hari di rumah, cara ini bisa juga menjadi bentuk usaha rumahan dengan cara menjual hasil kebun kita sendiri ke pasaran konsumen.

Demikianlah artikel mengenai cara menanam sayur dalam pot, semoga bermanfaat.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Menanam Sayuran Dalam Pot
4/ 5
Oleh