Tuesday, February 7, 2017

Tanaman Hias dalam Pot

Tanaman hias, selain dapat digunakan sebagai penghias pekarangan atau taman, juga dapat dijadikan penghias interior rumah atau bahkan hanya sekedar pemanis di teras. Dan terkadang bagi beberapa orang yang tidak memiliki pekarangan yang cukup luas untuk tanaman hias koleksiya, maka menanam tanaman hias dalam pot dapat menjadi jalan keluarnya.

Cara tersebut sangat efektif karena media tanam hanya sebatas besar pot yang digunakan, biasanya tanaman hias dalam pot akan memiliki ukuran dan pertumbuhan yang lebih kecil dari tumbuhan hias pada umumnya dan memang sangat cocok untuk penempatannya yaitu di dalam rumah maupun teras.

Di bawah ini dapat dilihat beberapa tanaman hias dalam pot yang dapat menjadi pilihan untuk tanaman hias yang tidak mengenal kendala keterbatasan pekarangan atau lahan.

1. Euphorbia Milii
Euphorbia atau biasanya kita kenal dengan eforbia merupakan tanaman hias yang sudah tak asing lagi di telinga pecinta tanaman hias, karena tanaman yang satu ini memang sempat tenar dan banyak diminati beberapa tahun silam. Walaupun tanaman ini sudah kehilangan masa-masa kejayaannya, namun tanaman ini tetap menjadi salah satu alternatif tanaman hias yang tidak kalah cantik untuk dijadikan penghias teras rumah kita. 


Kita dapat menanamnya di berbagai ukuran pot, dan biasanya pertumbuhannya akan mengikut sebatas besar pos tempat media tanamnya. Kelebihan tanaman ini ialah ketahanannya yang dapat tumbuh hanya dengan sedikit pemberian siraman air, dan bunga-bunga indahnya yang berkelopak lapis bergerombol dengan beberapa varian warna seperti kuning, merah, putih bahkan hijau. Euphorbia sangat cocok ditempatkan di teras rumah yang terkena intensitas cahaya matahari secara full untuk membantu pertumbuhan tanaman ini.

2. Mawar (Rose)
Tanaman hias jenis mawar dapat kita temui dengan mudah di sekitar kita, bahkan terdapat banyak spesies yang dikembang biakkan maupun tumbuh liar. Mawar termasuk tumbuhan semak berduri yang dapat tumbuh di daerah asalnya belahan dunia bagian utara yang berudara sejuk. Meski sebenarnya mawar bukanlah tanaman asli daerah tropis tapi mawar juga dapat menyesuaikan diri dengan iklim lembab tropis.


Keuntungan mawar untuk tanaman penghias interior rumah selain keindahan kelopak bertumpuknya atau kuncup rapat bunganya yang elegan, mawar juga menghasilkan aroma wangi yang tentunya akan membuat ruangan menjadi lebih segar. Pewangi alami ini dihasilkan dari minyak atsiri yang terkandung di dalam kelopak bunga mawar.

Selain itu, mawar merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan penghias rumah karena warna-warni indahnya yang dapat kita pilih sesuai selera mulai dari merah, pink, kuning, bahkan kini telah muncul varian mawar berwarna ungu, biru, bahkan hitam.
3. Sedap Malam (Polianthes Tuberosa)   
Mungkin Anda masih sangat asing mendengar atau bahkan menemukan bunga sedap malam yang ditanam dalam pot, karena biasanya yang kita tahu bunga ini dikembang biakkan di taman atau kebun dengan media tanah yang luas. Namun jangan salah kira, ini merupakan trend terbaru yang sedang marak diikuti oleh pecinta tanaman hias yang menginginkan bunga ini sebagai tanaman hias indoor.


Dengan penempatannya dalam ruangan menggunakan pot, tentunya kita akan mendapatkan keuntungan lebih dari sekedar penghias namun juga aroma kuat bunga ini yang dapat kita nikmati ketika bunganya mekar di malam hari.

Meskipun sedap malam memang memerlukan tempat yang teduh untuk dapat tumbuh dan berbunga, namun bunga ini tetaplah membutuhkan pasokan cahaya matahari. Jadi, sebaiknya tetaplah letakkan bunga sedap malam dalam pot ini di ruangan yang terdapat jendela atau ruang yang terkena cahaya matahari.
4. Angelonia 
Sekilas angelonia tampak seperti bunga lavender dan memang banyak orang yang sering memperdebatkannya. Namun, jika dilihat dengan lebih teliti lagi dari bentuk kelopak yang ada saja sudah berbeda dengan lavender yang biasa kita kenal. Meskipun masih satu rumpun dengan bunga lavender, angelonia merupakan spesies tersendiri yang memang berbeda dengan lavender. Perbedaannya yang lebih dominan lagi ialah tidak terkandungnya minyak atsiri sama sekali dalam tanaman angelonia ini, sehingga tidak akan menghasilkan aroma seperti yang ada pada lavender.

Walaupun tidak menghasilkan aroma khas yang bisa mengusir nyamuk, bunga yang satu ini memiliki penampilan fisik yang menarik ketimbang lavender. Apalagi bila ditanam dalam pot, maka pertumbuhannya yang menjadi terbatas akan menghasilkan tanaman hias seperti rangkaian (bucket) bunga bergerombol yang indah.


Oleh karena itu pemilihan bunga angelonia dalam pot sangat cocok apabila dijadikan sebagai hiasan indoor maupun outdoor asalkan dengan perawatan yang baik seperti penyiraman air secukupnya, cahaya matahari yang cukup, serta dipupuk secara teratur.

Seperti yang semua pecinta tanaman hias ketahui, perawatan tanaman dalam pot harus lebih intens dari tanaman yang biasanya. Hal tersebut dikarenakan media tanah dalam pot terbatas hanya sebesar pot yang dipakai sehingga memerlukan zat makanan tambahan yang didapat dari penambahan pupuk dan penyiraman yang rutin agar suhu tanah dalam pot tidak naik.

Tanaman hias dalam pot yang telah dipaparkan di atas hanyalah sebagain saja dari berbagai jenis tanaman hias yang dapat ditanam dalam pot, masih terdapat banyak lagi tanaman hias pot yang dapat Anda jumpai di pasaran. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi Anda.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tanaman Hias dalam Pot
4/ 5
Oleh